pembelajaran sejarah islam', siroh nabawiyah, smp islam khusus putri di lampung, SMP Islam Nazhirah, Uncategorized

Tsabit bin Qais

 

Tsabit bin Qais adalah juru bicara Rasulullah & islam.  Tsabit adalah seorang yang takut dab malu kepada Allah. Ketika turun firman Allah (QS. Luqman : 18). Tsabit menangis, karena ia suka barang yang bagus, tetapi ia bukanlah seorang yang sombong. Tsabit pun tak suka bersuara keras. Saat turun firman Allah (QS. Al- hujurat : 2). Tsabit menangis karena ia pernah bersuara keras melebihi Rasulullah.

tsabit-bin-qais
Kisah Tsabit bin Qais

Tsabit pun tak ketinggalan untuk berjihad di jalan Allah. Tsabit mengikuti Uhud dan Yamamah. Pada saat perang Yamamah ia menimbun dirinya dengan pasir hingga dadanya dan di medan pertempuran Yamamah ia syahid. Dan Amanah adalah salah satu inspirasi dari kisah Tsabit, karena ada salah satu pria muslim sedang tidur, lalu Tsabit memimpikan pria muslim tersebut untuk memberi tahu Khalid bin Walid agar mengambil baju besinya yang dicuri setelah ia syahid dan memberi tahu Abu Bakar agar membayarkan hutangnya. Tsabit bin Qais adalah satu-satunya sahabat yang wasiatnya terpenuhi.

Image result for tsabit bin qais
Itu kisah dari Tsabit bin Qais dan dapat yang dapat dicontoh adalah berjihad di jalan Allah, tidak sombong, tidak bersuara keras, dan amanah……..

**Note by our beloved student: Elya Rahmadani, VIII Cordoba of SMP Islam Nazhirah

Uncategorized

Rubric of Speaking Assessment

JADIGURU

untuk melakukan penilaian pada speaking skill, kita memerlukan instrument penilaian berupa rubrik. alat ini digunakan untuk memberikan penilaian yang lebih measurable dan observable

beerikut ini contoh rubrik yang bisa digunakan sebagai acuan penilaian speaking. dan semoga bermanfaat…..!

Name :

Class/semester :

Number :

Proficiency Description

1

2

3

4

5

6

Accent

1

2

2

3

4

Grammar

6

12

18

24

30

36

Vocabulary

4

8

12

16

20

24

Fluency

2

4

6

8

10

12

Comprehension

4

8

12

15

19

23

Total Score

Note:

Conversion Table

Total Score

FSI Level

16 – 25

26 – 32

33 – 42

43 – 52

53 – 63

63 – 72

73 – 82

83 – 92

93 – 99

0 +

1

1 +

2

2 +

3

3 +

4

4 +

Speaking Proficiency Scale

(Oller)

1. Able to satisfy routine travel needs and minimum courtesy requirements

View original post 905 more words

Nazhirah's Diary, Sekolah Islam Terbaik Di Lampung, smp islam khusus putri di lampung, SMP Islam Nazhirah, Uncategorized

Ujian??!! Oh, NO!! Serem !

Beberapa minggu ini suasana sekolah diwarnai dengan ujian, ada yang Ujian Nasional (UN) dan sekarang waktunya Ujian Kenaikkan Kelas (UKK), hmm… beberapa pelajar mungkin ada yang galau menghadapinya sehingga timbulah yang namanya baper hehe hmmm… kenapa harus begitu?? ujian sekolah tetap berlangsung tanpa peduli kita baper atau tidak, tapi pasti ada juga yang sudah mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi ujian, apapun yang kalian rasakan menjelang dan saat ujian, Ayo!! Terus Semangaaaaaaat …!!!

WP_20160523_08_58_18_Pro[1]

Adapun beberapa tips menghadapi ujian di sekolah, Insya Allah bermanfaat, lets check it out!

Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

“Tidak sekali kali Aku ciptakan jin dan manusia untuk Ibadah.” (Adz Dzaariyaat: 56)

The very first thing you have to do is PRAYING. Kenapa doa yang paling utama dan pertama yang harus dilakukan? karena supaya ditunjukan rejeki kita jatahnya yang mana, halal yang mana, kemudian kita ikhtiar. Ikhtiar yang dituntun oleh Allah pasti tepat.
Tapi ikhtiar tanpa dituntun Allah, pasti stress… nah mampu menjawab soal dengan teliti dan benar sudah merupakan rejeki dari Allah, bahkan  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menganjurkan dan mendorong seseorang hamba untuk berdo’a

“Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah, selain daripada doa.” (HR. Ibnu Majah dan Abu Hurairah)

“Mintalah kepada Allah akan kemurahan-Nya, karena sesungguhnya Allah senang apabila dimintai (sesuatu).” (HR Tirmidzi dari Ibnu Mas’ud)

Tak lupa juga untuk selalu berbuat baik kepada kedua oranng tua dan memohon doanya, karena ridha Allah terletak pada ridha kedua orang tua, murka Allah pada murka orang tua.Berbakti kepada kedua orang tua menjadi salah satu penyebab terkabulkannya doa dan penyebab keberkahan dan bertambahnya rezeki. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan hendaklah ia menyambung silaturahmi.” (HR. Ahmad)

hmm… bagaimana?? awali semuanya dengan doa yah ^^

Jaga Kesehatan

Yang kedua adalah menjaga kesehatan. Coba bayangkan bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, lemes, loyo, kurang bergairah, baper, galau de el el. Berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, gak bergairah dan lemes… masa depan yang akan jadi taruhannya.

Jadi sehat itu penting, yang jelas dengan sholat wajib 5 waktu + sholat sunnah yang kalian lakukan itu sudah merupakan olahraga yang pasti dilakukan dan otomatis menyehatkan, kalau kalian lemes, loyo, kurang gairah, baper, galau de el el lebih perbaiki lagi ibadah sholatnya ^^

Mengikuti Setiap Kegiatan Pembelajaran di Sekolah dengan Baik

Kalau badan kita sehat dan hati tenang Insya Allah hidup kita akan selalu terasa bahagia dan menyenangkan, sehingga mampu mengikuti setiap kegiatan pembelajaran di sekolah dengan baik dan lebih bersemangat dan pemahaman yang didapatkan jauh lebih maksimal, mengerjakan soal pun terasa ringan.

Rajin Berlatih Soal 

Rajin berlatih soal di rumah secara kontinyu tentunya membuat memori otak kita selalu bertambah dan terasah, the more you do the more you get. Semakin banyak berlatih soal semakin kita paham dan banyak materi yang dikuasai. Ganbatte!!

Ciptakan Suasana Belajarmu Jadi Menyenangkan

Apapun yang membuatmu senang lakukanlah sambil belajar, seperti kata pepatah “menyelam sambil cari MUTIARA” =D

Contoh, kalian sukaaaaa banget bantuin orang tua di rumah nyuci piring, nah nyuci piring sambil murojaah hapalan surat Al Mulk, kan keren tuh manfaatnya, karena kalian senang dan sering diulang, ketika ujian tiba sudah hapal deh surat Al Mulk nya dengan makhrojul huruf yang benar. Iya kaaan?? ^^

Selalu Sarapan Sebelum Ujian dan Rutin Minum Air Putih

Disiplin sarapan dan minum air putih akan meningkatkan konsentrasi dan fokus kita, dan terhindar dari gagal paham atau gagal fokus, blank, hang atau bahkan error processing ketika belajar dan menghadapi ujian. Spare your 10 minutes in the morning for having your breakfast, it will save you all day long.

Ketika ujian berlangsung kerjakanlah semuanya dengan jujur dan percaya diri. Kalian pasti bisa ^^ karena buah kejujuran itu adalah surga …aamiin..

Allâh Azza wa Jalla berfirman :

هَٰذَا يَوْمُ يَنْفَعُ الصَّادِقِينَ صِدْقُهُمْ ۚ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Inilah saat orang yang benar memperoleh manfaat dari kebenarannya. Mereka memperoleh surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allâh ridha kepada kepada mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Itulah kemenangan yang agung [Al-Mâidah/5:119]

Dari ‘Abdullâh bin Mas’ûd Radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong).’

Kesimpulannya adalah ujian itu gak serem asalkan persiapan kita maksimal, yang buat serem adalah diri kita sendiri karena persiapan kita minimal.

Semangaaat..!!! ^^

English is Fun, English Speaking, Keberkahan Hujan, Uncategorized

Ketika Hujan Turun, Kesempatan Emas untuk Berdo’a

Rain as the Blessing of Allah

SMP Islam Nazhirah

7 Khadijah

Proudly Presents

Narrator           : All the characters in this drama are not truly living things. Because                                               they have no soul like human animals and plants. But, don’t you know?                                       Everything in this universe always dzikr to Allah. And, our story begins in                                 a large body of water.

Sea                    : It’s getting hot in here. I don’t think I can swim anymore. I’m feeling light                                and airy.

Clothesline    : Yeah! I’m feeling light too. Look! The clothes here, they are getting dry.

Sun                   : I can’t help it. I’m hot and full of energy. That’s what I do, and I do it so                                       well, don’t I?

Sea                    : Look! I’m changing into droplet and going to the cloud.

Clothesline     : So am I. Look! The water on these clothes begin to vapor and go up to the                                   cloud

Sea                  : I think, I’m getting dizzy. I’m feeling so strange.

Sun                  : Uh-Oh! You’re not floating in the water anymore. You’re floating in the air,                               you are not a drop of water either, you are a water vapor now!

Clothesline      : what’s water vapor?

Coconut Tree  : It’s not water, but it’s a gas. You have evaporated and turned into a gas.

Narrator           : The drop of water looks around and begins to feel lonely in the sky.

Windy               : I’m blowing…. I’m blowing….I’m blowing….

Coconut Tree  : Wooooooo… I’m waving… wouuuuw… woouuwww.. Hey, wind you are                                         so……blowing.

Hill                  : Bbbrrrrrrr…. It’s sooooo… cold

Windy             : It’s getting so cold. So, I’m blowing strongly the place where the                                                   air pressure is lower. I’m blowing to you …. —-à (coconut tree)

Coconut Tree  : Woouuwww ….

Windy             : And I’m blowing to you …. —-à (Clothesline)

Clothesline      : Hey! BBBbbrrrrrr… I’m cold …

Windy             : I’m blowing everywhere ..

Windy             : Please! When I’m blowing strongly, pray to Allah!

Hill                  : اللّهُـمَّ إِنَّـي أَسْـأَلُـكَ خَيْـرَها، وَأَعـوذُ بِكَ مِنْ شَـرِّها“O Allah, I ask You for the good of it and seek                                        refuge in You against its evil.”(Abu Dawud 4/326, Ibn Majah 2/1228. See also                                 Al-Albani, Sahih Ibn Majah 2/305.)

Water Drop 1  : I feel like joining othere and forming a crowd!

Cloud              : I think you mean a CLOUD not a CROWD!

Water Drop 2  : Hey! Can I join you?

Water Drop 1  : Yes my friend! We’re getting ready to fall down.

Narrator           : All the water drops gather on the cloud and immediately, will fall to the                                     earth

Cloud              : Ugh!… all of you are soooooooo heavy! I can’t hold you anymore.

Rain 1&2         : Praises to Allah! Now, we are falling down to the earth.

CT, CL, Hill    : Alhamdulillah.. it’s raining ! it’s raining !

Hill                  : I love raining! Without rain, there would be no life on earth.

Clothesline      : As Allah Subhanahu Wa Ta’ala says .. وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا

                               “… and in the water which Allah sends down from the sky and thereby gives life to                                  the earth after its death..”(QS. Al Baqarah: 164)

All                   : Masya Allah…

Cloud              : It’s golden time for us to recite a pray to Allah. We can pray anything for                                    good deeds

All                   : اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً“O Allah, (bring) beneficial rain clouds”(HR.Bukhari no. 1032)

Hill                   : Look, now I become green, there are some grass growing! Alhamdulillah

Coconut Tree     : فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ“..and he has sent send down water from the sky to bring                                        forth fruits for your provision..” (QS. Al Baqarah: 22)

Rain 1              : We should remember our Prophet Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam                               taught us to atribute the blessings of rain to Allah and no one else

Rain 2              : Allah is the only God! He has given us these blessings and no one else.

Narrator           : Suddenly, the thunder is coming out.

Cloud/Thunder            : DDDddaAAAAaaRRRrr…. !!! DDDddaAAAAaaRRRrr…. !!!

Windy             : Wooosshhh….!!! Woosshhhh!!! I’m blowing again together with the rain                                     and thunder… Wooosshhh….!!!

All                   : Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa….!!!!

Sea                  : Don’t be afraid! Keep praying to Allah!

Coconut Tree  : سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ Glory is to Him Whom thunder and angels                                       glorify due to fear of Him.” (Whenever Abdullah bin Zubair (RA) would hear                                 thunder, he would abandon all conversation and say this supplication. See                                 Al-Muwatta’ 2/992. It was graded authentic by Al-Albani as a statement of                               Abdullah bin Zubayr only.)

Narrator           : Finally, the rain is over and the sun rises so …………… brightly.

Water Drop 1&2         : Now, we are back to the sea. We can swim swim and swiiiiimm

Sea                  : Welcome back guys =D !

Sun                  : I’m coming… I’m shining… Hello guys!

Cloud              : All praises to Allah, now it feels so warm .. مُطِـرْنا بِفَضْـلِ اللهِ وَرَحْمَـتِه “O Allah, (bring)                              beneficial rain clouds.”(HR. Bukhari no. 846 dan Muslim no. 71)

Sun                  : It was such a beautiful rain. As Allah says وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖأَفَلَايُؤْمِنُونَ

                             “…and we made from water every living thing. Then, will they not believe?”(QS. Al                            Anbiya:30)

All                   : We believe !!! Allahu Akbar

Narrator           : All of the universe praises to Allah Subhanahu wa ta’ala. Because of His                                     blessings and mercies, human, plats and animals can live happily. All                                         praises to Allah.

 

tafadholi jika ingin di-share atau copas sebagai referensi pembelajaran, mohon tetap cantumkan sumbernya yaa ^^, jazakumullahu khairan katsir..

Fb: Smp Islam Nazhirah
Fanpage: SMP ISLAM NAZHIRAH
Youtube: SMP Islam Nazhirah
Instagram: @smp_islam_nazhirah

 

Nazhirah's Diary, Sekolah Islam Terbaik Di Lampung, smp islam khusus putri di lampung, SMP Islam Nazhirah, teen muslimah, Uncategorized

Semangat yang Tak Pernah Pudar

Jika kita ingat kembali kisah seorang sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang bernama Bilal bin Rabah dengan semangat dan keistiqomahannya menegakkan tauhidnya hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala walaupun ia harus rela kala itu tubuhnya harus ditimpa batu besar yang sangat berat karena dipaksa untuk meninggalkan agama islam dan kembali kepada berhala, sungguh seberat apapun dan sesakit apapun siksaan yang menderanya tidak mampu memadamkan semangatnya untuk tetap menyebut “Ahad… Ahad.. Ahad” ia tetap beriman kepada Allah.

Jika kita kembali mem-flashback bagaimana gagahnya seorang Khalid bin Walid dalam memimpin pasukan muslim untuk berjihad dalam perang melawan kaum murtad, Masya Allah .. beliau adalah sosok seorang pemimpin cerdas yang mampu memukul mundur pasukan musuh dengan strategi perang yang jitu. Sosok rendah hati yang selalu menang dalam setiap pertempuran sehingga Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memberinya gelar Saifullah “Pedang Allah “.

Dari kisah tersebut patutlah kita isi lembar kehidupan ini dengan semangat yang tak pernah pudar. Tanggal 2 Mei kemarin kita peringati bersama sebagai Hari Pendidikan Nasional, pertanyaannya adalah Apa yang sudah kita lakukan terhadap pendidikan kita??? Ayo kita murtad, murtad dari keburukan!

Sekarang sudah saatnya kita pukul mundur kebodohan dan kemalasan! bagaimana memulainya? mulailah dari sendiri dan selalu penuhi diri kita dengan ilmu-ilmu bermanfaat yang berlandaskan Al Qur’an dan As Sunnah, tinggalkan yang tidak syar’i. It’s simple, Let’s change IMPOSSIBLE become I’M POSSIBLE. Semangat untuk pendidikan Indonesia!! ^^. Salam persaudaraan dari SMP Islam Nazhirah Muslimah Kaffah School

 

 

Nazhirah's Diary, Uncategorized

Cinta Yang Me-musimsemi-kan Hati Part 2

Berbagai warna-warni kami alami selama hampir setahun di setiap kegiatan pembelajaran di SMP Islam Nazhirah, cinta ini semakin bersemi bermekaran di hati kami. Lika-Liku, tantangan, keseriusan dan keceriaan yang terpancar sangatlah amazing …. =D

Sangat senang dan menjadi vitamin penambah semangat ketika mendengar salah satu ukhti kami berkata “seneng bangeeet.. sekolah di Nazhirah” dan juga ada yang bilang “kangen sama temen-temen di Nazhirah” saat berlangsungnya libur semester ganjil lalu.

InstagramCapture_7a5e4dc6-3bf7-4530-a8b4-a26643bfaae8[1]

seperti hadits cinta yang disabdakan oleh rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam

“Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Tidak maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang jika kalian lakukan maka kalian akan saling mencintai: Sebarkanlah salam diantara kalian.” (HR. Muslim)

setiap salam, setiap sapa dan setiap teguran merupakan cinta yang kami tunjukkan yang insya Allah semua itu karena Allah…

SMP Islam Nazhirah Muslimah Kafah School semoga selalu bisa menjadi rumah belajar dan rumah tahfidz yang nyaman dan lebih baik, amiiin…..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uncategorized

Selamat Hari Guru Nasional

Teringat satu memori tentang sebuah lagu tentang guru saat kanak-kanak dulu…

ya guru … guruku.. terima kasih

jasamu, budimu kepadaku ..

tak akan ku lupa sampai ku besar 

engkaulah PAHLAWAN tanpa tanda jasa

trima kasih pak guru, bu guru atas jasamu

aku bisa menulis, membaca.. semua karenamu..

trima..kasih.. bapak guru..

trima..kasih.. juga bu guru..

Mungkin ada yang ingat petikan syair lagu ini di masa ’90-an? ^^

Doaku untuk guruku, baik yang masih hidup maupun yang telah tiada adalah semoga Allah SWT memberikanmu tempat yang sangat indah di surga kelak…

Terima kasih wahai guruku, engkaulah pelita dalam gelap gulita

Banggaku karena Allah memberikanku suatu anugerah untuk menjadi seorang guru yang bisa meneruskan jejak guru-guruku terdahulu..

Selamat Hari Guru Untuk Seluruh Guru-Guru Inspiratif ^^

IMG-20150801-WA0012[1]

kelas-smp-islam-smp-islam-nazhirah  WP_20151106_12_31_38_Pro[1]